Apa Sih Manfaat dari buah tin untuk kesehatan kita



Khasiat Buah Tin
Buah Tin (Ara) | Sumber gambar: Pixabay.com
Buah tin sudah cukup dikenal oleh orang-orang. Bahkan nama buah ini disebut di dalam Al-Quran di dalam surat At-Tiin, ayat 1 .

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ

Artinya: Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun. 

Keyakinan seorang muslim, tidaklah ada nama buah atau lainnya melainkan ada keistimewaan dibaliknya.

Buah tin memiliki khasiat yang besar, dari berbagai penelitian yang dilakukan para ilmwuan di studi-studi mereka

1. Mencegah serangan jantung
Serangan jantung sudah diketahui banyak orang merupakan penyakit yang sangat mematikan, bahkan penyakit mematikan  nomor satu di dunia. Sebuah hal yang sangat penting meminimalisir resiko penyakit jantung. Organ jantung juga menjadi organ yang paling vital di dalam tubuh.

Adapun penyebab seseorang terkena serangan jantung, akibat tingginya asupan natrium yang dikonsumsi. Konsumsi zat natrium secara berlebihan memberikan bahaya serius, yang mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh di dalam tubuh. Serta resiko terbentuknya plak yang membahayakan organ jantung, serta membuat kerja jantung menjadi terlalu berat untuk memasok darah ke seluruh bagian tubuh.

Pada sebuah studi yang dilakukan di Arab Saudi, menemukan bahwa buah tin memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kandungan kalium yang tinggi sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar natrium yang berlebihan.

Oleh karena itu, banyak para ahli kesehatan mengajurkan untuk mengonsumsi buah tin setidaknya 1 buah dalam sehari. Dimana itu sudah mampu menurunkan resiko serangan jantung yang mematikan. 

2. Menurunkan kadar kolesterol
Cukup umum diketahui orang-orang, buah tin memiliki kandungan serat larut yang lumayan banyak. Asupan di dalamnya berupa serat larut berupa pektin, memiliki manfaat besar dalam mengatasi masalah tingginya kadar kolesterol. Nantinya kandungan tersebut akan menghilangkan atau membuang kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh dengan cara proses ekskresi (dalam bentuk air kemih, proses BAB dan keringat).

3. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes
Sudah banyak diketahui orang-orang bahwa penderita diabetes sangat ditekankan untuk benar-benar membatasi konsumsi asupan gula, dan secara umum makanan / minuman yang manis. Walaupun buah ara (tin) itu manis, tetapi kandungan glukosa dan fruktosa di dalam buah tin tidak mengakibatkan lonjakan gula dalam darah.

Justru kandungan sehat seperti serat larut dan lainnya di dalam buah tin memiliki andil untuk mencegah terjadinya penyerapan gula secara berlebih di pencernaan tubuh.

Menurut laman Draxe.com, para ahli telah melakukan penelitian, dan telah menemukan kesimpulan bahwa buah tin menjadi sumber yang baik untuk melakukan pengobatan untuk diabetes. 

4. Mencegah penyakit kanker
Penyakit kanker masuk peringkat dua sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Terdapat beberapa penyebab seseorang sampai terkena kenker, salah satunya yang umum diketahui yaitu serangan radikal bebas ke dalam tubuh, yang dapat membahayakan sel kulit serta sangat dihawatirkan memicu pertumbuhan sel secara yang tidak terkendali (tidak normal), sehingga terjadilah pertumbuhan sel kanker.

Di dalam buah tin memiliki zat polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh untuk mencegah serangan radikal bebas ke dalam tubuh. Konsumsi buah tin mampu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker otak, dan lainnya.

Di dalam buah tin juga mengadung serat larut, yang bermanfaat untuk menurunkan resiko seseorang terkena kanker kolon (usus besar).

5. Mengatasi tekanan darah tinggi
Resiko hipertensi (tekanan darah tinggi) dapat rentan mengenai orang yang mengalami gangguan penyempitan pembuluh darah. Dimana penyempiitan pembuluh darah adalah masalah serius, jika tidak segera mendapatkan penanganan tenaga medis maka resiko terserang penyakit jantung koroner menjadi tinggi.

Kandungan di dalam buah tin terdapat asupan mineral yaitu fosfor, magnesium, omega 3, omega 6, dan fenol. Asupan penting tersebut memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit hipertensi. Jika penyakit hipertensi berhasil teratasi, maka secara otomatis juga menurunkan resiko jantung koroner.

6. Membantu meninggikan badan
Di dalam buah tin terdapat bermacam-macam asupan mineral penting yaitu magnesium, kalsium, fosfor, mangan, dan lainnya. Dengan kandungan mineral penting tersebut, bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tubuh dan tulang, agar tubuh bisa lebih tinggi secara optimal.

Asupan yang terkandung di dalam buah tin dapat diandalkan, bagi anda yang tidak suka atau alergi susu, maka buah tih bisa menjadi alternatif konsumsi susu. Jika Anda sudah lama tidak mengonsumsi susu, maka setidaknya konsumsi buah tin yang membantu pertumbuhan tubuh dan tulang.

7. Untuk kesuburan
Buah tin mengandung kaya serat yang bermanfaat meningkatkan kualitas sperma bagi kaum pria, dengan menjaga kadar asam lemak sperma. Oleh karena itu, disarankan bagi pasangan muda yang baru menikah, yang tentunya ingin segera punya bayi. Maka konsumsinya buah tin ini untuk membantu meuwujudkan keinginan tersebut. Selain itu, jaga pola makan yang baik, sehat dan teratur.

8. Mencegah tulang keropos
Osteoporosis sudah sering menyerang orang yang berumur 50 tahun keatas. Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang membuat penderitanya kesulitan untuk rajin bergerak secara aktif. Ternyata konsumsi buah tin mampu untuk menurunkan resiko osteoporosis yang banyak mendera kaum manula ini.

Buah tin memiliki asupan kalsium yang lumayan tinggi. Banyak ahli kesehatan yang menjelaskan bahwa zat kalsium dan fosfor yang terkandung pada buah tin, memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan susu.

Orang yang berumur 30 keatas sangat ditekankan agar mulai memperhatikan asupan kalsium untuk tubuhnya dengan sebaik-baiknya, karena hal itu sangat penting, untuk mencegah terkena osteoporosis. Demikian juga anak-anak, perlu agar orang tua memperhatikan asupan kalsium unutk anak-anak karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan tulang dan gigi. Baiknya pertumbuhan tulang dan gigi sangat tergantung dari baiknya asupan kalsium.

Komentar